Minggu, 31 Juli 2011

July de Tour

Yap, bulan Juli tahun 2011 dalam kalender kehidupanku merupakan bulan yang penuh dengan pengalaman baru. Pengalaman keliling kota di Indonesia. Dimulai dari acara Kunjungan Ilmiah ( ke Sukabumi, Bandung, dan Bogor, lalu mengikuti PIMNAS XXIV di Makassar. Kunjungan Ilmiah dilaksanakan pada tanggal 10-12 Juli 2011 mulai dari kunjungan ke Pabrik Indoeskrim dan Indomilk di Sukabumi, Studi Banding di Institut Pertanian Bogor, dapet pengetahuan tentang cara Inseminasi Buatan di Balai Inseminasi Buatan Lembang, terus belanja-belanja di Pasar Baru Bandung. PIMNAS XXIV dilaksanakan pada tanggal 18-21 Juli 2011 di Makassar seperti yang terdapat pada posting catatan perjalananku di Makassar sebelumnya banyak pengalaman-pengalaman baru yang didapatkan di sana.

Berasa keliling Indonesia. Pengalaman naik kereta 'n naik pesawat pulang yang notabene jarang banget. Asikk,, moga pengalaman menarik ini memberi dampak untuk lebih semangat dan memaknai hidup ini.

Sabtu, 30 Juli 2011

Makassar's Experience : Day 5 (Bye Bye PIMNAS XXIV)

Ini hari sedih banget mau ninggalin Makassar, Ngga kerasa 4 hari begitu cepatnya. Setelah merasakan panasnya Makassar, eksotisnya budaya Makassar, lezatnya makanan khas Makassar, luasnya kampus Universitas Hasanuddin, serta meriahnya PIMNAS XXIV, hari ini, 22 Juli 2011 kami semua rombongan UNSOED akan kembali ke kampus. Sebenarnya jadwal dari panitia PIMNAS untuk hari ini adalah wisata tapi karena kami takut kehabisan tiket pesawat, so kami pulang lebih dahulu.

Sebelum pulang, pagi ini kami harus mengambil sertifikat karena kami dijadwalkan flight jam 2 siang. Sekitar pukul 08:30 kami berangkat ke Rektorat Unhas untuk mengambil sertifikat peserta. Jam 10:00 kita harus berkumpul lagi di rusunawa untuk keberangkatan ke Bandara. Tapi sebelum itu buat kenang2an kita foto2 dulu di rektorat Unhas dan di Baruga A. P. Pettarani with bendera kebanggaan kita UPI (Unit Penelitian Ilmiah), UKM kami yang secara tidak langsung mengantarkan kami ke makassar juga.


Kembali ke rusunawa, ternyata masih pada santai2 ya sudah, kita sarapan dulu. Setelah itu kira2 pukul 11:30 kita berangkat ke Bandara dengan menggunakan Bus, disitu kita juga diantar sama LO kami yang setia menemani kami di Unhas.

Sampai di Bandara sekitar pukul 12:00, kita berpisah dengan LO kita, berpisah dengan Unhas, beserta PIMNAS XXIV, ada beberapa teman yang tak bisa menahan haru karena meninggalkan event menakjubkan kemarin. But, semuanya juga harus kembali ke aktivitas semula dengan segudang kreasi, inovasi, dan solusi dari hasil pengalaman kita selama berada di sini.

Saat check-in kita di suruh menunggu karena seperti biasa masalah administrasi diurus sama staf universitas. Namun, saat kita menunggu ada informasi mengejutkan yang diberitahukan oleh maskapai yang akan kita tumpangi. Karena kesalahan teknis, ada 4 orang dari 25 orang rombongan unsoed yang tidak tercatat dalam daftar, sehingga tidak memperoleh tiket pesawat.


Waw, kita semua tercengang. Untuk memastikan siapa saja 4 orang tersebut, dicek kembali nama-namanya, ya 4 orang yang tak kebagian tiket itu iin, ragil, putra dan tyas. Memang dari teman dosen, bu Fatma, akan menemani mereka untuk mengurusi kepulangan mereka yang terhambat. Namun, si tyas yang notabene cewek sendiri tetep aja kebingungan dan nangis tersedu2 (saya juga bakalan gitu kalo jadi dia). Ya wajar lah, untuk masalah flight masih ada yang ngurusin, terus sehabis dari bandara tujuan menuju puwokerto belum tau mau bagaimana. But, masih ada solusi, Bu Yeyen sbg kepala administrasi univ yang juga mengurusi masalah transport bakalan ngegantiin tyas. And, the problem is solved, mereka yang tertinggal akan flight esok harinya puku 6 pagi.

Tak terasa akibat problem teknis tersebut kita berburu waktu untuk ke boarding pass. Waktu di handphoneQ menunjukkan pukul 13:30 WITA dan ternyata saya baru tau kalo kami flight pukul 14:00. Oh iya kami menggunakan maskapai penerbangan Sriwijaya Air dengan tujuan Surabaya But akhirnya kami sampai di pesawat dg tepat waktu. Perjalanan yang memakan waktu 1 jam tersebut alhamdulillah dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Kami sampai di Bandara Juanda, Surabaya pukul 14:05 WIB, wah klo dipikir secara konyol, tadi cuma flight selama 5 menit hahaha.. Setelah dari bandara kami melanjutkan perjalanan ke Purwokerto menggunakan bus Rosalia Indah, tapi sebelumnya kita juga diberi fasilitas makan sore di RM Kartika Sari Mie 55.


Lanjut perjalanan yang lama dan melelahkan. Di tengah perjalanan ternyata ada masalah dengan busnya. So, sekitar pukul 1 dini hari kami musti pindah bus. Lalu perjalanan dilanjutkan hingga sampai ke purwokerto sekitar pukul 07:30 hari Sabtu tanggal 23 Juli 2010. Hmm, ternyata perjalanan yang menyenangkan walaupun melelahkan.

Ada beberapa kalimat yang masih aku ingat dalam Makassar's Experience :

1. Saya tidak akan menangis jika saya kalah, tapi saya akan menangis melihat kesedihan teman saya jika saya menang (dari sebuah buku yang dibaca oleh agus, disampaikan oleh Awal saat di angkot dalam perjalanan ke pantai akkarena).

2. Datang Bersama Mimpi, Pulang Bawa Solusi (Dari salah satu papan iklan di Makassar yang saya lihat saat meninggalkan kota ini).

Semoga kalimat2 tersebut memberikan inspirasi untuk saya dan pembaca semua. Dan pengalaman adalah guru yang terbaik karena kita mendapatkan pelajaran berharga darinya bahkan terkadang tanpa kita sadari.

Jumat, 29 Juli 2011

Makassar's Experience : Day 4

Hari ke-4 dirasa hari yang paling cepat selama kami di Makassar. Sebenarnya dari kami tim penunjang bidang lingkungan masih ada jadwal harus menyaksikan presentasi tim2 dari univ lain. Tapi cuma lihat beberapa. Kita juga datangnya telat ke lokasi. Pas datang udah ada tim yang lagi presentasi dan itu ternyata tim yang memenangkan kompetisi ini sebagai juara 1 dari IPB kalo ngga salah si tentang padi transgenik danau singkarak. Berikut cuplikan presentasinya (cukup singkat) :

video

Lagi asyik2nya liat presentasi tim lain katanya kita suruh ke Teaching Industries lagi buat ngeliat penilaian produk dan poster PKM. Ya udah deh kita mengendap-ngendap pergi dari ruangan. Langsung capcus menuju TKP. Disana teman2 malah belanja souvenir lagi termasuk kaos2 yang lumayan cukup mahal,,hehe untung ngga tergoda buat beli disitu.

Setelah itu, kita diajak sama dosen2 dan staf univ buat makan siang di luar dan kita juga telah disewain 2 angkot buat jalan2. Awalnya tujuan makan siang kali ini adalah makan palu basah, tapi ada beberapa anak yang takut tidak suka sama makanan ini jadi pindah deh ke warung sebelah yang ngejualin mie bakso (akhirnya nemu bakso jg disini, hehe).

Makan siang udah, lanjut dah kita jalan2, tujuan pertama itu ke kediaman Bapak Jusuf Kalla (dalam hati c ga sreg dg tujuan ini, org cm berfoto di dpan rumahnya, tepatnya di jalan depan rumahnya, 'n g ketemu beliaunya, for what??, tp ngga papa lah, nyeneng2in dosen). .


Dan sehabis dari kediaman bapak JK, perjalanan dilanjutkan ke Trans Studio Makassar, saya si berharapnya bisa nyobain wahananya, tapi berhubung waktu buat jalan2 lumayan singkat jadi cuma foto2 doank di depan. So Sad T_T. . .




Habis dari Trans Studio, lanjut ke Pantai Akkarena, awalnya kita kira pantainya biasa2 aja dibandingkan dengan Pantai Losari, ternyata ni pantai lebih bagus. Keren dah, nyesel ngga menikmati pantai ini secara penuh.


Lalu perjalanan dilanjutkan ke Pantai Losari yang ditunggu-tunggu. Ternyata biasa aja, ya mungkin bagus kalau ngga seramai itu, disitu juga lagi ada panggung hiburan jadi nutupin tulisan Pantai Losari (Buat foto jd ngga bagus...hehe).


Daripada cuma ngedumel karena pantainya ngga sesuai dengan harapan. So, kita lanjut cari kaos khas makassar. Berdasarkan sumber yang kami percaya, kami bisa beli kaos2 khas makassar di toko Indonesia ngga jauh dari losari, disitu katanya lumayan murah tapi ngga murahan.


Sayang banget belanja cuma setengah jam, karena pukul 19:00 WITA kita harus menghadiri malam puncak (closing ceremony) PIMNAS XXIV yang disitu diumumkan para pemenang. Ya udah sambil buru2 kita asal ambil aja yang mau dibeli yang penting sesuai dengan kocek kita.

Perjalanan dari losari menuju kampus Unhas memakan waktu kurang lebih 1 jam. So, dipastikan kita yang udah kucel bakalan ngga mandi buat ngehadirin acara closing ceremony dengan membawa barang belanjaan pula. Heheehe.

Waktu kita tiba di TKP tepatnya di Gedung Baruga A. P. Pettarani, sama seperti opening, closing juga udah ramai banget, kursi udah hampir penuh, ditambah lagi dengan adanya perang yel2 antar perguruan tinggi yang membuat acara makin seru.


video

Lebih seru lagi waktu pembacaan pemenang, yel2 atau jingle tiap perguruan tinggi makin keras terdengar. Saat pembacaan pemenang berlangsung ternyata nama Universitas Jenderal Soedirman pun terpampang di layar. Kami semua sangat kaget dan tak menyangka. Ternyata Tim PKM-K Unsoed yang digawangi Pandu, Ragil, Putra, Arin dan Erni, dapat memperoleh juara dua dan mendapatkan penghargaan setara perak di kategori presentasi. Wah, prestasi yang cukup membanggakan. Selamat ya!!!

Wah, hari ke-4 seru banget kegiatannya. Tak terasa besok sudah harus pulang ke Jawa. Beautiful experience and Nice Moment, we can goes to PIMNAS XXVI walaupun bukan sebagai tim lomba utama dan tidak dinobatkan sebagai pemenang. Saya sudah sangat bersyukur bisa melaju ke Makassar, bertemu dengan rekan2 mahasiswa dari seluruh Indonesia dalam ajang karya tulis paling bergengsi setiap tahunnya. Subhanallah, terimakasih Ya Allah atas karunia yang kau berikan. Semoga tahun depan (kesempatan terakhir saya) bisa pergi ke PIMNAS XXV di UII Yogyakarta sebagai tim PKM-M. Amin.

Makassar's Experience : Day 3

Hari ke-3 di Makassar dijadwalkan untuk presentasi. Presentasi karya tulis bidang lingkungan yang saya ikuti bertempat di Gedung Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Presentasi dimulai pukul 08:00 dengan metode undian untuk giliran presentasi. Maksudnya, setiap tim yang maju akan mengambil undian untuk giliran tim berikutnya.


Hmm, nomor undian kami 34 tak kunjung mendapat giliran, begitu pula nomor undian tim unsoed yang lain nomor 33 juga tak kunjung mendapat giliran presentasi. Sambil menunggu giliran, kita sarapan di tempat karena saking laparnya, yah walaupun makanannya bener-bener ngebosenin : Ayam, Sop, Mie, kalau ngga kering tempe,, tiap hari seperti itu,,hhaha tapi ya syukur alhamdulillah masih bisa menyantap makanan seperti itu.

Jam demi jam telah dilalui dan giliran pun tak kunjung didapat. Padahal udah sampai jam makan siang. Tapi ngga papa deh, udah liat presentasi2 dari universitas2 lain yang keren-keren banget tapi ada juga yang lucu sampai ada yang nyanyi plus drama2 segala. haha


Akhirnya setelah berpuluh-puluh tim berlaga di depan untuk presentasi, kami dari tim Unsoed mendapat giliran ke-3 dari terakhir, sekitar pukul 15:45 tim saya tim jatropha yang maju duluan dengan nomor 34 akan mempresentasikan karya tulis kami yang berjudul : "OPTIMALISASI PERAN TANAH DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI LINGKUNGAN HIDUP YANG LESTARI"


Dan yang mengherankan adalah tim saya mengambil undian berikutnya dengan nomor 33 yang berarti teman tim satu universitas maju setelah giliran kami. Mereka adalah Tim Azospirillum.


Dengan selesainya presentasi dari tim azospirillum berarti selesai sudah semua presentasi dari tim UNSOED karena tim PKM-K, tim LKT bidang maritim juga sudah selesai presentasi hari ini. So, hari esok jadi bisa agak santai dan katanya dosen2 dan staf Unsoed mau ngajak kami jalan2 berhubung kita tidak ikut jadwal wisata dari panitia. Asikk.

Tapi, walaupun besok mau jalan2 tetep aja malam ini kita jalan2 sendiri. Bersama dengan LO kita Andrew Denis, kita diajak jalan2 buat menyantap makanan khas Makassar. Yup, Cotto Makassar asli buatan Makassar. Karena kendaraan yang ada hanya angkot jadi kita menuju lokasi menggunakan angkot. Dan yang sangat menyebalkan adalah kita ber-20 orang berada dalam 1 angkot, coba bayangkan??? Betapa panasnya, sampai napas mesti diirit-irit.hehe

And now, makan coto makassar, kita makan di Rumah Makan Coto Makassar Parraikatte, katanya si udah terkenal. Emang si lumayan enak (menurutku), wujudnya ternyata seperti empal gentong cirebon, tapi coto ini lebih banyak bumbunya. Jadi pengen nyobain lagi neh,,hmmm



Pulang dari jalan2 kita ada sharing2 sama LO di penginapan kita di rusunawa, mengenai kesan-kesan selama di Unhas, kepuasan yang didapat dari panitia, pokoknya semua hal yang berbau PIMNAS, Makassar, Unhas. Seruuu, kita ngobrol2 sampai lebih dari pukul 12 malam.hoammm, ngantuk ngantuk dah..


Kamis, 28 Juli 2011

Makassar's Experience : Day 2

Hoammm,, Hari ke-2 di Makassar,, upss,, tp sblmnya cerita malam pertama di Makassar dulu dah, cukup nyenyak si tidurnya, hari berasa cepet banget, ya maklum waktu di sini lebih cepat 1 jam daripada di Jawa jadi ya wajar kerasa lebih cepet.

Hari ke-2 agendanya adalah opening ceremony dan seminar lingkungan.

Dimulai dari opening ceremony. Opening ceremony dimulai pada pukul 10:00 WITA. Acara dilaksanakan di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani Unhas, ya semacam auditoriumnya lah, kalo di Unsoed adanya Graha Widyatama yang kalah megahnya dibandingkan yang di Unhas (ya iya lah.. hehehe). Waktu kita memasuki gedung tersebut, sudah banyak berdatangan mahasiswa mahasiswi peserta pimnas dari seluruh Indonesia (Seruuuuu). Kursi-kursi sudah lumayan penuh. Kita dari Unsoed dapat tempat duduk di bagian tengah atas. Not Bad, Viewnya bagus dari sini kalau buat ambil gambar, walaupun harus di zoom.haha..:D

Sebelum opening ceremony dimulai, dipertunjukkan nyanyian lagu-lagu daerah dari paduan suara mahasiswa Unhas. Acara dilanjutkan dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Doa, Laporan Ketua Panitia, Himne Unhas, dan Sambutan Rektor, Gubernur Sulsel dan Perwakilan Menteri Pendidikan (Ceileh apal banget ya ane,, secara ane nyatet tuh susunan acara di hape... haha). Acara terakhir yaitu pertunjukkan paduan suara lagi dari Mahasiswa Unhas, Ajiiiibb keren abis katanya sih udah nyampe dapat juara di luar negeri gitu (moga2 unsoed bisa mencontoh kayak gitu..Amin).

Sehabis paduan suara, ada juga penampilan dari UKM Seni Tari Unhas yang nggak kalah kerennya dari Paduan Suara, mereka juga udah menangin beberapa kompetisi lho, kerennn, nampilin tarian-tarian daerah Indonesia terutama Sulawesi, Subhanallah, betapa indahnya melihat kebudayaan Indonesia yang beragam.


Seusai opening ceremony sebenarnya jam 14:00 ada seminar lingkungan. Tapi mumpung masih ada jeda waktu kita jalan-jalan liat-liat gelar pameran produk pkm dan non pkm serta poster di teaching industries, lumayan jauh juga tempatnya. Kita naik bus Unhas menuju ke lokasi. Wah, rame banget di sana, di pelataran kebetulan ada yang jualan souvenir2 'n kaos pimnas, ntar mampir dah. Saya bersama teman saya Isti langsung naik ke atas dulu buat ngeliat2 poster 'n produk pkm di dalam gedung di lantai 2. Ummm, bagus2, unik, kreatif, 'n cukup eye catching, cuma sayang tempatnya non AC, jd puanaaasss banget, baru sebentar kita turun, eh liat temen2 yang lain udh pada liat2 barang yang mau dibeli. Capcus dah saya nyusul ikutan beli. Udah beli beberapa biji souvenir, mendadak temenku ngajak buat beli eskrim. Wah kebetulan lagi haus banget dan katanya harganya 1500, wuih murahnyooo, tp ternyata enak lho. Eh pas baru be2rapa sendok melahap es krim udah disuruh naik bus, katanya harus cepet2 kembali ke Baruga buat seminar lingkungan. Oke dah berangkattt!!!!



Sampai di Baruga, tetooott,,, lumayan masih sepi, yang ada cuma mahasiswa unhas yang udah nongkrong di barisan depan. Katanya si ada pak menteri kehutanan sama Ebiet G. Ade. tapi tetap aja peserta yang ikut sedikit agak dipaksa misal yang lagi ngga ada agenda hari ke-2 walaupun nggak minat suruh ikutan. Hmm. . . Tapi emang boriiinnggg banget ni acara seminarnya, dikirain kayak seminar2 lain yang sering saya ikuti ada penayangan slide, diskusi atau yang lainnya. Lha ini cuman ada pidato bapak menteri, ya boring banget. Sampai2 anak2 unsoed yang nyatanya cukup malu2in tidur bebarengan sebaris pula (untung ane kagak ikutan). Mungkin saking merdunya tu suara bapak menteri. Udah gitu tambah nyenyak lagi tidur mereka setelah pak Ebiet G. Ade menyanyikan lagu2 meloww, wah lebih terbawa ke alam mimpi tuh sampai gag sadar kalau udah di foto .xixixixi

Selesai acara seminar lingkungan, selanjutnya adalah penanaman pohon yang bertempat di depan Rusunawa. Sesuai dengan yang dikatakan pak menteri kehutanan, 1 orang wajib menanam 1 pohon, tapi nyatanya kita menanamnya per tim universitas. tapi tidak masalah, walaupun begitu kita juga sudah sedikit membantu mengurangi dampak dari pemanasan global.


Malam ke-2 bertempat di penginapan kami, di rusunawa, kita tim Unsoed latihan presentasi kembali karena hari ke-3 dan ke-4 adalah jadwal kami presentasi (Moga2 dapat hari yang ke-2, biar hari ke-4 lebih santai,,hehehe). Lumayan dengan latihan ini kita jadi ada tambahan bekal materi menuju ke kompetisi.

Rabu, 27 Juli 2011

Makassar's Experience : Day 1


Flight ke makassar pukul 09:30, nyampe di Makassar pukul 14:00 waktu setempat. Sesampai di sana, kita disambut oleh panitia pimnas lalu diantar menggunakan bus kampus menuju Universitas Hassanudin. Dikiranya kita mau ke penginapan dulu, eh ternyata malah dibawa langsung ke tempat registrasi dengan kondisi muka yang kumal dan masih bawa barang bawaan kita langsung menuju meja registrasi.

Suasana di tempat registrasi sudah kelihatan berantakan oleh sisa-sisa makanan, ya mungkin kitasudah terlalu telat ke tempat itu. Lumayan agak ribet juga karena di registrasi kita dikagetkan dengan syarat administrasi lain yang dikiranya belum lengkap.

Selesai registrasi sambil makan siang hampir sore, lalu jadwal selanjutnya adalah TM (Technical Meeting), disini juga cukup ribet karena LO (Line Officer) yang mendampingi Universitas kami salah mengantarkan tempat. Karena memang dia belum tahu masing-masing dari kita ikut bidang lomba yang berbeda. Dan TMnya pun berbeda karena ada yang lomba Utama dan Penunjang. Setelah diberitahu kesalahan itu, perwakilan dari kami pun langsung menuju tempat TM yang seharusnya, tapi sayang sudah keburu selesai, sudah di bagian kesimpulan.

Walaupun TM tak terlalu mengikuti, tapi kami masih bisa menginstal bahan presentasi di tempat masing2 lomba berlangsung. Saya dan 8 orang lain yang tergabung dalam 2 tim mengikuti lomba penunjang pimnas bidang lingkungan, sehingga kami akan presentasi di Gedung fakultas ilmu kelautan dan perikanan. dan harus menginstal bahan presentasi di tempat itu yang notabene sangat jauh dari tempat registrasi.

Hmm... Kesan hari pertama yang tidak terlalu bagus.

But....

Setelah dari tempat registrasi, kami diantar ke tempat penginapan, bayangan awal kami penginapan yang akan kami tempati selama kurang lebih 5 hari adalah sebuah kamar yang sempit dengan dihuni oleh lebih dari 2 orang dengan kamar mandi di luar. Ya itu bayangan kami, karena katanya kami menginap di Rusunawa, yang dipikiran kami rusunawa itu rumah susun mahasiswa seperti di kampus yang kondisinya seperti itu. Tapi setelah memasuki kamar rusunawa yang akan kami tempati, wow, tak disangka, Saya dan teman saya yang dapat kamar nomor D-221, lantai 2. Pertama melihatnya langsung mendeskripsikan : ruangannya cukup luas (walau luas itu relatif), sekamar cuma ber-2 dan ada 2 kamar mandi di dalam, ada juga wastafel, lemari, sumber listrik yang cukup yang bisa kami gunakan, sudah cukup nyaman untuk level penginapan yang hanya akan ditempati selama 5 hari dengan harga yang murah. Dan kemudian saya ketahui singkatan rusunawa itu adalah Rumah Susun Sewa Sederhana, akronimnya berbeda dengan yang ada di kampus kami.

So, saya tarik kata2 yang pernah ditulis di atas : Kesan hari pertama yang cukup bagus dan akan menyenangkan.


Upsss,,, ada yang kurang nih cerita di hari pertama. . .
Katanya kan di jadwal ada welcome party tuh jam 19:00 WITA, eh kita udah pada ganti baju batik seragam malah ternyata kita ngga jadi karena kita ngga dapat undangan (krn iktnya lomba penunjang kali yee). So, daripada mubazir dah pake2 baju seragam, udah deh kita foto2 di salah satu kamar teman kami (di kamar sari 'n tyas D-218 kalo ngga salah).


Makassar's Experience : Day 0 (Keberangkatan)


Minggu, 17 Juli 2011 adalah awal mulai keberangkatan saya dan
18 teman2 mahasiswa lain serta didampingi 6 dosen beserta staf akademik Universitas. Pukul 08:00 kami berangkat menuju Jakarta dengan menggunakan kereta api Purwojaya. Perjalanan berlangsung cukup lancar, saya juga yang notabene jarang banget naik kereta (cuma sekali dulu waktu SD .. haha) juga tidak merasakan mual atau pusing (kebiasaan ngga pernah naik kendaraan umum). Sepertinya karena fasilitas juga yang membuat perjalanan lancar, aman dan nyaman.
Senin dini hari kira-kira pukul 02:15 rombongan unsoed sampai di Stasiun Gambir. Karena tidak ada kendaraan yang dapat mengantar kami menuju bandara, So, kami terpaksa menunggu di Gambir hingga pukul 05:00 pagi. Di Gambir juga kami sekalian sholat subuh. Pukul 05:00 kami berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta dengan menggunakan Bus Damri. Di bus itu juga kami sekalian sarapan, yahh not bad lah makanannya cukup enak, nasi uduk, lumayan buat ngeganjal lapar. haha
Sesampai di Bandara, sekitar pukul 06:03 WIB kita pun nunggu lagi di Bandara coz nunggu flight jam 09:30. Sembari menunggu check-in saya bersama teman2 keliling2 bandara daripada bosen dan sempat heboh atau lebih pantas dibilang lebay gara2 ada orang yang ninggalin tas dg seenaknya dikira isinya bom..hehe. tapi ternyata toh orangnya jg balik lagi kok, emang dasarnya kita lebay.hahaha

Minggu, 17 Juli 2011

Prepare 4 D'Trip

Hari ini sedang persiapan ke Makassar yang rencananya akan menggunakan berbagai armada meliputi kereta api, bus, dan pesawat. Rencana berangkat dari Purwokerto pukul 20:00 dg menggunakan kereta api purwojaya ke Jakarta. Sampai di Jakarta naik bus Damri lalu naik pesawat Batavia Air dg jadwal keberangkatan pukul 10:00.

Sekarang sedang packing,, packing,, apa aja ya yg mau dibawa..

Mga perjalanan lancar dan selamat,, bismillahirohmanirrohim. . .