Sabtu, 17 Desember 2011

Waktu Kita Adalah Kualitas Kita

Alhamdulillahirobbil'alamin. . . kita harus senantiasa bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Apalagi kita masih dapat hidup dan menghirup udara gratis hingga detik ini.


Waktu. Kata ini adalah kata yang sering dikeluhkan seseorang yang sedikit terlena dengan binar-binar aktivitas yang menyenangkan atau bahkan waktu inilah yang dicemooh karena keterlambatan seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Padahal jika kita ingat, waktu sekarang adalah untuk sekarang dan yang akan menentukan waktu yang akan datang.  Mari kita membuat waktu sekarang dengan berbagai aktivitas yang berkualitas.

Jika kita berada pada pagi hari, janganlah menunggu hingga sore tiba.
Jika hari ini kita melihat matahari bersinar cerah, janganlah menunggu hingga awan mendung datang.
Jangan pernah menunda sesuatu. 
Karena waktu tak pernah menunggu, ia akan berjalan terus tanpa mempedulikan keterlambatanmu.

Umur kita mungkin tinggal hari ini. Maka, anggaplah masa hidup kita tinggal hari ini, atau seakan-akan kita dilahirkan hari ini dan akan mati hari ini juga. Dengan demikian, kita dapat menghargai waktu. Kita tidak akan menyia-nyiakan hidup kita dengan gumpalan keresahan, kesedihan dan duka masa lalu serta bayangan masa depan yang penuh dengan ketidakpastian dan seringkali menakutkan.

Marilah kita berusaha untuk membagi waktu dengan bijak. Jadikan setiap menitnya laksana ribuan tahun dan setiap detiknya laksana ratusan bulan. Mari tanamkan kebaikan sebanyak-banyaknya pada hari itu. 

"Maka berpegangteguhlah dengan apa yang Aku berikan kepadamu dan hendaklah kamu termasuk orang yang bersyukur." (QS. Al-A'raf : 144)

Hiduplah hari ini tanpa kesedihan, kegalauan, kemarahan, kedengkian, dan kebencian. Mari manfaatkan waktu dengan berbagai hal yang berkualitas. Kualitas seseorang dapat terlihat dari waktu yang dia manfaatkan, semakin bisa memanfaatkan dengan bijak dialah orang yang berkualitas, sebaliknya yang tidak bisa memanfaatkan waktu atau cenderung mengeluh kurangnya waktu adalah orang yang tak pernah bersyukur dan memiliki kualitas kehidupan yang buruk.

Waktu Kita Adalah Kualitas Kita adalah ungkapan yang paling indah dalam kamus kebahagiaan. Kamus bagi mereka yang menginginkan kehidupan yang paling indah dan menyenangkan.

Sabtu, 10 Desember 2011

Masakan Ibu.... Yummy!!!

Masakan ibu memang masakan yang paling enak sedunia. Pokoknya Ayam Kremes lewat, Eksped lewat, Ayam Mercon pastinya lewat lah (secara aku ngga suka pedes..haha), Ayam Kosek (apalagi langsung lewat dah), Sate Ayam, Bakso Kuning Sari, Ketoprak, Lengko (lewatt juga lah), KFC (umm pikir2 dulu) lewat deh..
Emang apaan si masakan ibu yg enak itu.

and that's my menu tonight....
taraaaa!!!!!!!

Hanya sebuah oseng tahu?? hahaaha

Tapi sumpah, asli makanannya enak banget, cuma itu tuh oseng tahu plus nasi anget kayaknya nikmatnya melebihi makan makanan yang paling enak. Ngga tau kenapa tuh kalau di rumah padahal kan sering dibeliin makanan sama ortu. Tapi kok ya kurang mantep kalo ngga nyobain masakan ibu. Yah, walaupun makanan yang cukup sederhana tapi ngangenin banget. Thanks my mom!! Malam ini kangennya terobati.. Alhamdulillah..

Kalian juga merasakan hal yang sama kan kalau kangen rumah??? So, nikmatin selagi masih bisa menikmatinya.

Jumat, 09 Desember 2011

Sedikit Cerita Tentang GaLauLogi

GaLauLogi adalah cabang ilmu kehidupan tentang pergalauan yang mempelajari tentang seluk beluk galau, faktor-faktor penyebab galau, dan bagaimana relevansi kegalauan terhadap aktivitas manusia, serta mengatasi dan mengobati sebuah kegalauan (Oktavia, 2011). hahaha.. (*joke)

GALAU, sebuah kata yang sedang nge-tren akhir-akhir ini di dunia pergaulan anak muda apalagi di dunia maya, sering di status FB atau Twitter bertuliskan galau tingkat dewa, galauuuu bgt neehhh, lg galauu.. etc.. Padahal secara harfiahnya galau itu berarti kebingungan atau confuse. Galau menurut KBBI adalah kata sifat yang berarti kacau tidak karuan yang menyangkut pikiran. Ada lagi galau yang merupakan kata benda berarti sifat (keadaan) galau..hmmm bingung kan (berarti lagi galau..hahaha)... mungkin kata galau sekarang ini telah bermetamorfosis alias menjadi konotasi yang diperluas (hayo loh pelajaran Bahasa Indonesia nih :D). 


Lintascerita (2011) menyatakan bahwa perasaan galau sering melanda kehidupan manusia. Perasaan seperti ini didefinisikan orang dengan berbagai tipe. Ada yang bilang galau itu perasaan tertekan, galau itu gak ada uang dan gak’ bisa makan, galau itu lagunya Titi DJ (LOH….), galau itu pas’ diputusin pacar, galau itu pas ujian gak’ belajar dan gak tau mau nyontek ma siapa, galau itu cabang baru dari perasaan seperi sedih, marah, putus asa, cengeng, dan lainnya, dan pastinya lintascerita.com masih banyak lagi definisi galau yang diprediksi oleh setiap individu. Bahkan ada yang lebih sadis, galau itu (katanya) bisa membunuh karakter pribadi sebab ia membuat seseorang tidak dapat berbuat apa-apa lagi dikarenakan tidak dapat berfikir jernih.

Berdasarkan pernyataan Kompasiana (2011), galau itu tidak enak, hati jadi sesak, pikiran pusing, labil dan tentunya capek badan , hati dan pikiran. Jadi buat yang udah pernah galau pasang badan buat menghalau galau, buat yang sedang merasakan galau buru buru tinggalin galaunya, buat yang belum pernah galau jangan sekali kali medekat. Tapi tidak menutup kemungkinan buat yang mau mencicipi galau. Cuma ya itu rasanya pahit.

Menurut blognya si Gandol72 (2011) yang menyebutkan bahwa ciri-ciri penderita galau adalah sebagai berikut :
1. Resah dan Mengeluh
Inti dari status di social media adalah keluhan pribadinya tentang kehidupannya sehari-hari, biasanya dipengaruhi oleh mood yang sedang buruk.


2. Self-Centered

Semua pembicaraannya lebih banyak tentang dia, dia dan dia. Memuji diri sendiri yang berlebihan.
Membiarkan masalah pribadi diumbar ke publik
Yang seperti ini lama-lama bikin ill feel dan risih celakanya kalau sampai menyebut nama


3. Membuat banyak status dalam waktu singkat

Saking aktifnya di dunia maya, dia bisa update status dalam hitungan menit untuk menunjukkan betapa eksisnya dia dan betapa dia butuh teman curhat.


4. Aktif di banyak social media

Facebook saja tidak cukup, dia akan membuat akun di Twitter, Plurk, Yahoo atau sejenisnya, pokoknya yang bisa buat update status untuk mengabarkan ke dunia tentang perasaannya. Biar ga repot, biasanya dia menggunakan sistem feed dimana cukup update status dari satu social media dan secara otomatis akan terkirim ke beberapa akun social media.

Kalau kata Lintascerita (2011), beberapa tips untuk menghindari perasaan galau adalah sebagai berikut :
 
1. Berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri karena hanya akan membuat perasaan jadi semakin down. Berpikirlah kalau ini merupakan sebuah ujian dari Tuhan karena Tuhan sayang sama diri kita dan Tuhan mau menaikkan derajat kita di hadapan orang lain dengan ujian tersebut. Dengan begitu kita akan lebih percaya diri setelah ujian itu berhasil dilewati, karena ujian yang diberikanNya tidaklah diluar kemampuan hambaNya.

2. Hadapi dengan senyuman, berpikir positif, dan tenang dalam menyelesaikannya. Dengan begitu, perasaan akan lebh terasa relax dan sadar bahwa masalah yang dihadapi gak’ seberat yang dibayangkan.

3. Selalu aja merasa beruntung, agar bisa terus bersyukur atas semua nikmat dari Tuhan.

4. Lakukan kegiatan positif dan berguna, lalu nikmatilah semua itu.

5. Dengarkan lagu-lagu yang disukai.

6. Kumpul bersama teman-teman, kerabat, keluarga, lalu sharing dan curhat ke mereka. Tetapi jangan sampai salah pilih orang, karena bisa makin’ runyam ntar masalahnya. Bukannya nyelesain’ tapi malah nambah, capek deh…

7. Hadapi yang akan terjadi, bukan malah menghindari dan takut. Jangan pernah berpikir untuk lari dari masalah. Masalah yang ada bukan untuk dihindari, tetapi untuk diselesaikan. Semakin dihindari, maka ia akan makin membesar. Menghadapi tidak selalu berdampak negatif, malah kebanyakannya berdampak positif. Justru menghindar akan makin membuat pribadi kalah dan merusak diri dari segi mental.

8. Perbanyak beribadah. Meminta pertolongan dan petunjuk kepadaNya, dan temukan kedamaian ketika telah melakukan ibadah dan meminta solusi langsung kepada Sang Maha Esa.

Ada lagi nih tips dari kompasiana muda (2011) tentang cara menghilangkan galau :

Pertama, jangan putus asa. Benar sobat. Nggak perlu untuk putus asa. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya dalam hidup kita. Realistis saja. Ibarat dua sisi mata uang, kalo yang satu adalah kegagalan, maka sisi lainnya adalah keberhasilan. Jadi, masih ada kesempatan untuk mencobanya lagi. Maju terus pantang mundur dan jangan galau

Kedua, belajar dari kesalahan. Hidup ini penuh dinamika sobat. Kemarin kita boleh gagal. Tapi esok, jangan terulang lagi. Itu sebabnya, pelajari kenapa kita gagal. Mungkin ada kesalahan yang kita lakukan. Mending pelajari dan perbaiki kesalahan itu ketimbang ngumbar galaumu.

Ketiga, galang dukungan. Nggak usah malu untuk meminta dukungan dari pihak lain. Apalagi jika kekuatannya bisa memperbaiki kegagalan dan kegalauan kita. Kita bisa lakukan itu untuk meningkatkan semangat dan kinerja kita. Jadi gandeng teman, ortu, guru dsb untuk membantu atasi kegalauanmu selama ini.

Keempat, baca biografi orang yang sukses dalam hidupnya. Kamu bisa baca kisah para sahabat rasulullah saw., dan juga orang-orang sukses jaman kiwari.

Nah, itulah sedikit cerita tentang galaulogi, semoga yang lagi galau dapat terobati kegalauannya dan yang ngga galau semoga tidak menjadi galau saat membaca postingan ini (hahahaha...)

Kamis, 08 Desember 2011

Walking with shadows

Shadows.. Shadows..
In the world we living on
Shadows.. Shadows..
In the world we living on
Shadows.. Shadows..
We're alone in the world we own
Shadows.. Shadows..
We're alone in the world we own

Lagunya Nidji-Shadows itulah theme song tadi malam. Entah kenapa, tadi malam aku merasa sendirian… sepi… saat aku berada dalam ruangan sempit berbentuk kotak dg sisi 2,5x2,5 meter (baca : kamar kosan). Tapi sepi ini beda dengan sepi2 biasanya. Sepi ini justru membuatku merasa lebih baik menyendiri atau singkatnya sedang ingin sendiri, bebas, lepas, tanpa beban.

So, kuputuskan untuk pergi ke luar setelah adzan isya berkumandang.. Teman2 kos tanya aku mau pergi kemana aku juga tak tahu karena memang aku tak tahu mau kemana. Hanya ingin pergi sebentar dari ruangan ini. Melepas kepenatan. Melihat dunia luar. Melihat jalanan.

Kupacu saja sepeda motorku dg kecepatan sangat pelan (mungkin cuma 20 km/jam), dan biarkan aku menikmati angin saat menyusuri jalanan malam yg masih cukup ramai. Lalu pikiranku terarah menuju tempat jualan pulsa, karena sebentar lagi pulsa modemku habis. So, tujuan pertama adalah beli pulsa modem, tepatnya di Bursa Kampus (BK). Pulsa udah beli, tapi kok rasanya ingin masuk ke dalam BK, jadi masuklah, dan tidak tahu mau beli apa, aku asal ambil aja sedikit makanan ringan untuk pengganjal perut saat begadang. Bicara soal perut, saat berkeliling mencari sesuatu yg tak pasti di toko itu, perut rasanya semakin keroncongan. Karena memang hari ini baru makan sekali… So, tujuan ke-2 adalah mengisi perut.

Kendaraan kembali kupacu dengan kecepatan perlahan. Lalu aku berhenti di sebuah tempat makan yang tak terlalu ramai. Dan akhirnya aku makan di situ …. sendirian, ini sangat jarang sekali aku lakukan. Sendirian makan di tempat makan. Sungguh sensasinya sangat berbeda sekali. Berasa ini hidupmu sendiri. Tanpa ada gangguan orang lain.

Usai makan, akhirnya aku mampir sebentar ke toko pernak pernik. Dan menguras kantong lagi untuk membeli sedikit asesoris. Dan yang terakhir, kendaraan kemudian ku pacu (masih dg kecepatan perlahan) kearah tukang jualan canai. Sebenarnya aku juga tak tahu akhirnya bisa kepikiran beli canai. Niatnya buat anak kosan aja lah. Akhirnya canai coklat keju aku beli juga. Tak terasa udah 2 jam berjalan-jalan keliling kota sendirian. Hmm.. Menyenangkan juga, soalnya ini baru kali pertama berkeliling kota sendirian di malam hari. :D

Sepertinya “walking with shadows” malam ini cukup menghibur atau sekedar dapat merefresh otakku lagi. Pulang ke kosan, tuh roti canai aku kasih ke teman2 kosan. Biarkan mereka menikmatinya, karena aku juga telah menikmati perjalananku malam hanya ditemani bayanganku sendiri.

Selasa, 06 Desember 2011

13 Sensasi Unik Pada Tubuh Manusia


Allah SWT menciptakan makhluk yang bernama manusia dg atribut2 yang cukup unik, seperti diciptakannya berbagai sensasi unik yang sering kita rasakan, seperti ketularan menguap, merinding waktu menyusuri gang yang gelap sendirian, atau pipi menjadi merah karena malu. Apa sebenarnya yang terjadi di tubuh manusia, sampai muncul sensasi-sensasi itu? Berikut penjelasannya


1. Alam Mimpi

Asyiknya main bungee jumping, atau serunya berkelahi melawan preman, mengemudikan pesawat di saat darurat, tetap saja tidak mengusik raga kita yang meringkuk di kasur. Karena semua itu hanya mimpi. Kala kita memasuki fase tidur REM (Rapid Eye Movement), di mana mimpi sering terjadi, otak membalik saklar biokimia, sehingga tubuh menghalangi kemampuan otak untuk memerintahkan otot-otot bergerak. Kalau saklar itu tidak membalik, justru bisa celaka karena kita akan tertawa-tawa, berjalan-jalan, atau malah keluar rumah menuntun sepeda sambil tidur.


2. Airmata

Dari semua spesies di bumi ini, menurut para ahli, hanya manusia yang menangis untuk alasan emosional. Dengan menangis, kita akan merasa lebih baik atau lebih tenang saat sedang marah maupun terlalu gembira. Airmata duka atau bahagia berperan dalam menyampaikan perasaan kita kepada orang lain atau mendapatkan simpati dari orang lain. Koneksi itu membuat kita merasa terlindungi dan terdukung, juga membantu kita dalam membangun hubungan yang lebih erat dan kuat.


3. Cegukan

Entah dari mana datangnya, cegukan selalu tiba-tiba datangnya dan sulit dihentikan. Kontraksi di area diafragma menyebabkan pity soars mendadak menutup dan memunculkan bunyi "hik!" Yang bisa memicu cegukan di antaranya makan banyak, konsumsi alkohol atau minuman bersoda, stres, serta kegembiraan yang tiba-tiba. Untung cegukan biasanya hanya berlangsung sebentar, meski Guinness Book of World Records mencatat, cegukan terlama dialami Charles Osborne, yakni sekitar 68 tahun. "woww!"


4. Deja Vu

Perasaan aneh ini mungkin kerap dialami manusia, serasa pernah bertemu seseorang yang baru ditemui, berada di suatu tempat, atau melakukan sesuatu yang sama sebelumnya, meski barangkali Anda belum pernah mengalaminya. Sensasi ini sulit dipelajari karena terjadi secara acak, tanpa tanda-tanda, dan biasanya hanya berlangsung 10-30 detik. Sejumlah teori mengaitkan ini dengan suatu bagian di otak yang memproses memori jangka panjang. Terjadinya penundaan koneksi antara memori dan pengenalan objek atau kejadian bisa menjelaskan tentang deja vu.


5. Otak Beku

Mengecap sesendok es krim atau menyeruput minuman dingin, terutama di hari panas, sungguh menyenangkan. Namun, di kepala bisa muncul sensasi nyeri seperti dipukul palu dan otak terasa beku. Syukurlah sensasi itu akan pergi dalam sekejap. Otak beku terjadi jika sesuatu yang sangat dingin menyentuh langit-langit mulut, menyebabkan pembuluh darah di tempat itu sontak mengerut. Bila darah hangat mulai mengalir ke sana lagi, pembuluh darah akan melebar, membuat reseptor bisa mengirim sinyal nyeri ke otak. Pesan itu melewati saraf yang bertanggung jawab pada rasa di wajah, sehingga otak berpikir nyeri itu berasal dari dahi. Itu sebabnya sensasi sakit kepala terasa sekali di dahi.


6. Menggelitik Diri Sendiri

Kalau digelitik orang lain pasti kita akan merasa kegelian. Coba jari-jemari Anda sendiri yang mengulik ketiak atau pinggang, dijamin tubuh Anda tak bereaksi sedikit pun. Mustahil menggelitik tubuh sendiri sampai meliuk-liuk kegelian karena jari jari kita tak mampu mengelabui otak kita. Cerebellum, bagian di otak yang bertugas memantau gerakan, bisa membedakan antara sensasi yang diharapkan dan tidak diharapkan. Otak sudah memasang antisipasi atas aksi jari-jari tangan dan bilang kepada tubuh untuk cuek saja.


7. Bau Badan

Setiap mamalia memiliki aroma tubuh yang unik, yang ditentukan oleh faktor genetik. Itu artinya di dunia ini tak orang lain yang bau badannya sama seperti BB Anda, kecuali Anda kembar identik. Pola makan juga ikut memengaruhi bau badan, tetapi tidak bisa benar-benar mengubahnya dari keaslian bau khas Anda.


8. Bau Kaki

Satu kaki kita saja punya lebih dari 250 ribu kelenjar keringat, yang memproduksi hampir satu galon keringat per minggu. Bila kita berkeringat, otomatis akan menarik bakteri di kulit. Bakteri-bakteri itu akan berpesta menyantap keringat dan muncullah bau tak sedap. Eits, jangan kemudian menyalahkan bakteri. Bau kaki itu juga dapat disebabkan karena sepatu dan kaus kaki. Kalau kaki selalu tertutup, bau tak bisa menguap. Jadi, tidak salah kalau kaki menguarkan bau tak sedap.


9. Merinding

Di tengah udara dingin, atau bila kita berada di ruang bawah tanah yang pengap, atau berjalan di bawah pohon saat malam hari sendirian, pasti berdiri si bulu roma. Merinding disebabkan oleh hormon adrenalin yang dilepaskan saat kita dingin atau takut. Adrenalin mendorong otot-otot kecil yang melekat pada rambut, sehingga meregang. Merinding sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan pada saat nenek moyang kita masih memiliki banyak rambut di tubuh. Berdirinya rambut itu membantu nenek moyang tetap merasa hangat, dan juga tampak mengerikan jika bertemu musuh.


10. Rona Merah di pipi

Ketika merasa malu, grogi, canggung, bisa muncul semburat kemerahan di pipi. Itu karena hormon adrenalin di tubuh secara otomatis memacu nafas dan detak jantung, lalu mengirim lebih banyak darah ke wajah, jadilah pipi memerah. Menurut studi, semu merah itu membantu menguatkan ikatan sosial dan meningkatkan empati orang lain.


11. Menguap


Mungkin kita pernah ketularan menguap beberapa saat setelah teman di sebelah menguap? Menguap ternyata sudah mulai dilakukan sejak manusia ada dalam kandungan. Sebuah riset menjumpai, ada janin usia 11 minggu yang menguap. Namun, para ahli tidak tahu persis mengapa menguap bisa menular. Ada yang menduga ini merupakan tanda empati dan membantu memelihara ikatan antarmanusia.


12. Telinga berdenging

Setelah melihat konser musik rock, telinga terasa berdenging. Itu bisa menjadi tanda tinitus atau kerusakan telinga bagian dalam. Telinga kita mengandung bulu-bulu halus yang bergerak dan tergantung pada tekanan gelombang suara yang mengalun melaluinya. Gerakan tersebut memicu saraf auditori untuk mengirim sinyal ke otak, yang menerjemahkan sinyal itu sebagai suara. Bila bulu-bulu itu rusak, akan sinyal yang terkirim ke otak menjadi kacau. Akibatnya otak menerimanya sebagai suara berdenging.


13. Kaki kram

Bagi yang pernah mengalami kram di kaki, wah betapa menyakitkan. Rasanya seperti otot-otot diikat membentuk simpul-simpul ketat atau serasa diperas. Penyebab kram paling umum adalah dehidrasi atau ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Mineral natrium, kalium, dan kalsium berperan dalam menggerakkan otot-otot. Jika ada dari mineral tersebut yang kurang atau berlebihan, atau dehidrasi, gerakan otot jadi terganggu, dan terjadilah kram.


Sumber : Kompas

Senin, 05 Desember 2011

Last Time become Laboratory Assistant

Waktu terasa semakin berlalu tinggalkan cerita tentang kita *lho malah nyanyi :D. Tak terasa sudah sekitar 2 tahun menggeluti "pekerjaan" ini. "ASISTEN LABORATORIUM". mungkin jika yang kuliah di bidang sosial tidak mengenal istilah seperti itu, mungkin yang populer ya ASDOS (Asisten Dosen), kalau di bidang eksakta istilah asdos mungkin sedikit kurang populer, seperti di kampusku.

Orang2 bilang menjadi asisten katanya orang2 yang pinter dan bakalan dapet popularitas di kampus. Bahkan terkadang asisten menjadi incaran banyak orang karena bakalan dikenal dosen, dikenal mahasiswa, baik seangkatan, maupun adik angkatannya yang biasanya menjadi praktikan (mahasiswa yg dibimbing asisten lab saat praktikum). Kadang pula seleksi untuk menjadi asisten yang cukup ketat menjadikan mahasiswa2 yang telah diterima menjadi asisten baru cenderung sok, atau bahkan terkadang sering membusungkan dada melihat teman2 lain yang tidak diterima. Padahal, ngga semua asisten itu pinter, atau bahkan lebih ngerti daripada yang ngga jadi asisten. Cuma memang kalau yang ngga jadi asisten itu pinternya ngga keliatan kali ya atau bisa dibilang masih transparan jd mesti diuji coba di laboratorium..haha. Karena jadi asisten juga ngga cuma harus ngerti materi yang akan diajarkan, tapi juga harus ngerti bagaimana cara mengajarkan alias mentransfer materi tersebut ke praktikan. Dan fakta membuktikan, ngga semua asisten itu sukses menjadi asisten (dalam arti sukses menjadikan praktikannya ngerti apa yang diajarkan).

Udah ah celoteh tentang asisten. Sekarang mau share aja, kok bisa ya aku bisa menjadi asisten?? *begini ceritanya (jd inget KISMIS--> kisah2 misteri , hahaha)

Awalnya aku sih biasa aja melihat temen2 mencoba ikutan seleksi asisten. Setelah banyak yang ketrima jadi asisten, jadinya tuh aku iri mode on..haha. Ngga dink, jadinya aku pengen nyoba juga. Seleksi asisten praktikum yang pertama aku ikuti itu dari mata kuliah Struktur dan Perkembangan Hewan I (SPH I) yang diadakan di tahun ke-2 perkuliahan atau sekitar semester 3, disitu aku masih pas2an banget ngikutin seleksinya, mulai dari materi yang lupa2 inget, sampai wawancara yang kacau karena sering ngga konsisten menjawab pertanyaan. So, aku dicoret dari list untuk diterima. Nyesekk?? Biasa aja tuh, sebenarnya ada hikmahnya, jadi lebih fokus di kuliah (cz dulu IPKq lumayan jg). Semester 4, 5, 6 juga lagi sibuk2nya kuliah dan organisasi, jadi acara daftar asisten ditunda dulu. Setelah tahun ke 3, atau saat semester 7 mulai pengen daftar asisten lagi, secara kuliah cuma ngambil 2 MK jadi ya no problemo (ngga nganggu kuliah). So, setelah seleksi yang cukup asik, akhirnya diterimalah aku menjadi asisten FISIOLOGI HEWAN (FISHE)

Bersama dengan 8 mahasiswa lain (Mas Ardi, Mas Farda, Emoy, Dita, Andri, Didi, Yudi, Kiki), kami tergabung dalam tim asisten fisiologi hewan (Fishe Crew) I dan II tahun 2010-2011. Selama perjalanan menjadi asisten  tak selamanya mulus, terkadang ada beberapa konflik personal yang kadang terjadi, namun, itu bukanlah sesuatu yang menjadikan kita terpisah-pisah, tapi dengan konflik itulah kita menjadi semakin erat kekeluargaannya karena saling mengkoreksi diri atas segala kekhilafan masing-masing.

FISHE CREW (kiki, aku, dita, emoy, mas ardi, didi, andri, mas farda, yudi)

Di tahun 2010 juga aku ditawari untuk menjadi asisten Imunologi Dasar bersama Asta dan Fahmi. Memang perekrutan asisten Imunologi ini tidak berdasarkan atas seleksi seperti Fishe. Aku ditawari karena waktu itu aku dapat nilai tertinggi saat mengambil mata kuliah itu diantara teman2 yang lain (padahal cuma untung2an..hehe).

Tahun 2011 kembali aku mendapat tugas untuk meneruskan menjadi asisten fisiologi hewan (secara belum lulus gitu loch). Namun, kali ini ada anggota baru yaitu hafsah, dewi, santi dan arya, menggantikan emoy yang telah lulus dan tidak mau bertugas lagi. So, Fishe Crew tahun 2011 berjumlah 12 orang karena memang harus menangani praktikan yang lebih banyak daripada tahun sebelumnya, sehingga asisten pun diperbanyak.

FISHE CREW 2011 saat makan malam

Jadi asisten fisiologi hewan cukup memberikan banyak pengalaman, mulai dari manajemen waktu, manajemen emosional, cara mengajar, sampai pengalaman persahabatan yang sangat unik dan takkan terlupakan. 

Bersama Praktikan FISIOLOGI HEWAN I 2011
(Novita, Pagah, Dwi, Fera)

Di tahun 2011 juga aku diberi amanah untuk menjadi asisten Biologi Reproduksi bersama Nur Hidayati (Nuri). Kali ini langsung dosen yang menunjuk, karena memang penelitianku di bidang ini. Kalau di MK ini cukup lumayan lah koordinasinya, tapi juga agak geje karena manajemen waktu 'n tempatnya agak kurang jelas, sehingga praktikan pun sedikit kecewa dengan praktikum yang geje ini.*berdasarkan curhat praktikan..hehe . Tapi selama jalannya praktikum masih tetap lancar hingga akhir acara.

Menjadi Laboratory Assistant (Asisten Praktikum) selama kurang lebih 2 tahun, sudah banyak memberikan pengalaman berharga. Terkadang materi tak sebanding dengan kerja kerasnya tim asisten dalam menangani acara2 praktikum, tetapi materi tak seberapa dibandingkan dengan hasil kerja keras yang diperoleh yaitu senyuman manis dari asisten dan praktikan atas lancarnya acara yang telah dilaksanakan, pengalaman demi pengalaman, kisah suka duka selama menjadi asisten pun akan selalu digenggam dan pastinya akan selalu menjadi memori indah yang kan selalu dikenang.

Thanks 2 Allah : Who give me the life
Thanks 2 my Parents : Who give me a lot of support
Thanks 2 the time : Who give me a chance
Thanks 2 all my friends in crew assistant : who have been willing 2 work with me
Thanks 2 "praktikan" : who have been willing 2 accept explanations of material from me

Will miss u all : Laboratory Assistant
Yang kadang dibenci, tapi akan selalu dirindukan

Sabtu, 05 November 2011

Makaroni Hilang, Saya yang Malang

Kejadian pagi tadi agak aneh. Aku beli makaroni 3 bungkus, niatnya si buat cemilan di rumah (critanya lg mudik gt). Eh, mendadak hilang layaknya diterpa angin.. kok bisa??

Awal mula emang udah diniatin buat beli makaroni di depan PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa), niatnya si ngga cuma beli makaroni tp beli cireng jg (secara udah lama bgt ngga nyobain cemilan gituan). Udah tuh pas perjalanan pulang ke rumah aku sempetin beli di PKM, eh ternyata adanya emang cuma makaroni, cirengnya ngga ada, malah tuh ada yg baru nongol gerobak cemilan lain, apa ya namanya, agak lupa, ada panjang2nya, ngga usah dipikirin sih intinya cemilan kayak makaroni gitu, cuma bentuknya panjang2. Akhirnya makaroninya beli 2 rasa, yang 2 bungkus rasa jagung manis, 1 bungkus rasa pedes asin tapi yang makaroni basah. Dengan harga 6 ribu perak, langsung tuh bungkusan yang terbungkus di kantung plastik hitam kecil aku cantolin di motor. Habis itu lanjut perjalanan yang diliputi gerimis kecil yang membuat perjalananku agak terganggu (maklum masih amatiran pake motor ..haha). Motor ku pacu dengan kecepatan sedang sekitar 50-60 km/jam hingga sampai di rumah.

Sesampai di rumah dengan santainya aku parkirkan sepeda motorku di teras rumah. Dan waktu masuk kamarku baru sadar, aku kan beli makaroni 3 bungkus, berarti bungkusannya masih di cantelan motor. Eh pas aku samperin ke motor tuh bungkusan ngga ada, tanya sana sini, cari sana sini jg ngga ada. Wah hilang kemana tuh makaroni. Lalu pikiranku berkecamuk dan mendadak naluri detektifku muncul dan mencoba menelisik lebih jauh kejadian aneh tersebut.

Pendugaan sementara makaroni hilang karena tertiup angin waktu di jalan, diduga saat melewati polisi tidur atau melewati lubang di jalan (karena aku inget pernah ngga bisa ngehindarin lubang..hehe). Namun ada kemungkinan lain seperti tuh bungkusan diambil pengemis atau pemulung atau pengamen pas motorku diparkir di depan rumah, tapi probabilitasnya cuma 1% karena hari sabtu ngga ada yang ngamen, plus jarak aku masuk ke rumah sampe nyamperin motor lagi ngga nyampe 5 menit. Kemungkinan lain diambil sama kucing iseng. Yap karena banyak kucing di rumahku yang suka iseng, mungkin bungkusan itu dikira mainan jadi dibawa lari entah kemana. Tapi itu juga probabilitasnya lebih rendah, paling cuma 0,5% karena ngga ada jejak jatuhnya sisa2 bungkusan. So, kemungkinan besar terbawa angin, tapi yang ngga habis pikir kok bisa ya aku sendiri ngga kerasa tuh bungkusan jatuh di jalanan. Hmm, mungkin terlalu konsentrasi waktu ngendarain motor. 

Jadi pelajaran utama yang dapat diambil dari kejadian ini adalah kita harus mengikhlaskan sesuatu yang kita punya walau kita belum menikmatinya. Semuanya kembali kepada Allah, kita serahkan kepada Sang Maha Memiliki, jika semua yang kita punya takkan pernah kekal, apalagi hanya sebuah makaroni...hehehe.


*sebuah kejadian kecil pagi ini yang coba aku ceritakan, sebuah kejadian yang ngga penting diposting ke blog..hehehe

Last Week Was My Birthday...

Last week?? Why I tell this story too late?? Hahaha,, Ya begitulah, ulang tahunku sebenarnya biasa aja, memang ulang tahun tidaklah baik dimaknai secara berlebihan, yang terpenting memaknai jika Allah telah memberikan suatu anugerah dan nikmat yang sangat besar karena kita telah diberi kesempatan lebih untuk melakukan kebaikan di dunia ini. Yeah that’s true, this new old must be used for completing my duty to get bachelor degree. So, seminggu ini aku jadi orang autis yang tiap hari menganalisis tulisan2 yang ada di layar monitor (except blogging ^_^). Dan baru kali ini bisa aku tuangkan cerita minggu lalu tentang ulang tahunku yg ke-hmm 22,,(sudah tua ternyata,,hehe)…

Jum’at 28 Oktober 2011, sebenarnya aku masuk list nama-nama mahasiswa yang harus mengikuti upacara bendera memperingati hari sumpah pemuda. But, berhubung aku males plus suasana hujan menambah alibi untuk menolak, so, aku bolos ngga ikut upacara (berasa anak SMA yg bolos upacara hari senin,,hehe). Hari itu rasanya berjalan begitu cepat, aku masih penasaran mencari program analisis data semacam SPSS di internet yg harus aku punya karena data penelitian harus segera dianalisis. Sambil cari programnya di Google, sambil buka FB, banyak ucapan2 dan doa ulang tahun dari para sahabatku (Semoga Allah yang membalasnya..Amin), tak lupa aku membalas ucapannya dengan banyak2 terimakasih.

Sore harinya anak-anak kosan telah mengagendakan untuk karokean bareng, biar suasana kosan lebih akrab, dan malam hari rencananya giliran aku yang nraktir makan anak-anak buat syukuran ultahku. Tapi rencana manusia dengan mudah digantikan rencana Sang Pencipta yang tak kita tau. Sore itu hujan deras melanda bumi ini (lebaiii punya ya,,). Jadi kita menunggu hujan reda. Praktis karokean dibatalkan karena sudah kelewat waktu pesennya. So, rencana selanjutnya habis maghrib kita baru berangkat buat makan malam (aku yg nraktir tentunya), tapi itu juga Cuma kita ber-6 (aku, regi, yuyun, ages, sisi, imas) yang rencananya ber-10 gagal.

Makan malam di R.M. Tantene Sumampir. Udah selesai makan mau cuci tangan aku udah liat duluan itu kayak ada yang nyala2 di belakang regi, ternyata si Imas bawa kue (lebih tepatnya bolu purimas,, ups sebut merk), dan ekspresiku, datarrrrr, ohh roti ya, udah bawa ke meja dulu, dan mereka yang membawa sepertinya agak kecewa untuk yang ke-3 kalinya aku tidak bereaksi saat mereka berencana untuk memberikan surprise ketika aku ultah. Maaf ya, habis udah bisa ketebak sih, planningnya kurang oke,hahaha.


Kue Bolu Purimasnya nih,hehe

Foto ber-5 (sisi, imas, ages, aku, regi)




Ya sebenernya terimakasih banget deh buat semua yang udah mencoba memberi surprise ultah kemarin buat aku. Maaf kalau aku ngecewain kalian,hehe. But, thank u so much, hanya kalian yang mau bersusah payah (susah payah ngga ya mereka) memberikan sedikit hadiah ultah ini untukku (jujur pas waktu itu aku agak meloww jg, agak pengen nangis si, jd ya agak berhasil deh surprisenya,,hhe). Habis itu foto2 bareng buat nambah keakraban kita.

nih TRYAS sebelum kedatangan anggota baru

Setelah makan selesai lanjut hangout ke city park Andang Pangrenan yg lagi ada acara sumpah pemuda gt (sebelumnya berniat mau karokean, tapi penuh plus mahalll,,haha, ya ngga jd). Di city park nyobain sepedaan, ampe berapa kali puteran, sempet jg tawar2an ama penjualnya, sampai si kue ultah hampir jd jaminan..haha kocak gilaaa…. Ada cerita di balik bertambahnya usiaku kemarin. Trims buat teman2 TRYAS, luph u all. *hugs*.

Timer photo (regi, yuyun, imas, ages, aku, sisi)


With Imas, main sepeda gila di city park


Senin, 24 Oktober 2011

PENGUKURAN JUMLAH ERITROSIT, LEUKOSIT, DAN KADAR HEMOGLOBIN


Bagi teman2 yg masih butuh informasi untuk penelitian tentang pengukuran jumlah leukosit, eritrosit, serta kadar hemoglobin, monggo disimak semoga tulisan ini bisa buat sedikit menambah referensi... (^_^)

Hematologi merupakan cabang ilmu kesehatan yang mempelajari darah, organ pembentuk darah dan penyakitnya. Hematologi digunakan sebagai petunjuk keparahan suatu penyakit. Perubahan hematologi dan kimia darah baik secara kualitatif maupun kuantitatif dapat menentukan kondisi kesehatan hewan. Sel dan plasma darah mempunyai peran fisiologis yang sangat penting dalam diagnosis, prognosis, dan terapi suatu penyakit.

Pengukuran hematologi hewan meliputi pengukuran kadar hemoglobin, perhitungan total eritrosit, perhitungan total leukosit, dan pengukuran hematokrit. Kadar hemoglobin, jumlah dan bentuk sel darah hewan berbeda-beda. Eritrosit mamalia tidak berinti dan berbentuk bulat. Eritrosit ikan berinti, berbentuk elips dan berwarna merah muda. Kadar hemoglobin bervariasi dengan jumlah sel darah merah yang ada. Secara fisiologis, hemoglobin sangat penting untuk kehidupan hewan dan sangat menentukan kemampuan kapasitas pengikatan oksigen oleh darah.

Jumlah eritrosit pada ikan adalah 50.000-3.000.000 sel/mm3. Jumlah eritrosit ayam betina adalah 2.720.000 sel/mm3, jumlah eritrosit ayam jantan adalah 3.230.000 sel/mm3, jumlah eritrosit mencit normal adalah berkisar 4 x 106 – 6 x 106 sel/mm3. Jumlah normal leukosit pada mamalia adalah rata-rata 4.000.000 - 11.000.000 sel/mm3, jumlah leukosit pada ayam berkisar antara 16.000-40.000 sel/mm3dan jumlah leukosit ikan adalah 20.000-150.000 sel/mm3.

Jumlah eritrosit dipengaruhi oleh jenis kelamin, umur, kondisi tubuh, variasi harian dan keadaan stres. Banyaknya jumlah eritrosit yang banyak juga menunjukan besarnya aktivitas hewan tersebut. Hewan yang aktif bergerak akan memiliki eritrosit yang banyak karena akan mengkonsumsi banyak oksigen, sebab eritrosit berfungsi sebagai transport oksigen dalam darah.

Leukosit dalam darah jumlahnya lebih sedikit daripada eritrosit dengan rasio 1 : 700. Jumlah leukosit tergantung pada jenis hewannya. Fluktuasi jumlah leukosit pada tiap individu meningkat pada kondisi tertentu seperti stres, umur, serta aktivitas fisiologisnya. Hewan yang terinfeksi juga akan mengandung leukosit yang banyak karena leukosit berfungsi melindungi tubuh dari infeksi. Sedangkan penurunan jumlah leukosit dapat terjadi karena keracunan bakteri, infeksi usus, maupun kehamilan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah eritrosit dan leukosit adalah tergantung pada spesies, kondisi pakan, kandungan bahan organik seperti glukosa, lemak, urea, dan asam urat, kondisi lingkungan, musim, serta umur hewan.

Hemoglobin merupakan protein yang terdiri dari protoporfirin, globin dan besi yang bervalensi 2 (ferro). Satu gram hemoglobin dapat mengikat sekitar 1,34 ml oksigen. Kadar hemoglobin yang rendah dapat dijadikan sebagai petunjuk mengenai rendahnya kandungan protein pakan, defisiensi vitamin atau hewan terkena infeksi. Sedangkan kadar tinggi menunjukkan bahwa hewan sedang berada dalam kondisi stres. Kadar normal hemoglobin ikan adalah berkisar 12 – 14 Hb/100ml. Kadar hemoglobin normal pada mencit berkisar antara 10-14 g/ml.

Alat dan Bahan yang Digunakan
Hemositometer, Pipet Thoma Eritrosit, Pipet Thoma Leukosit, Pipet tetes, Mikroskop, Hand counter, Hemometer, Pipet Sahli, Larutan Hayem dan Turk, HCL, Akuades, EDTA, Darah Ikan, Mencit, dan Ayam.

Cara Kerja
Menghitung Jumlah Leukosit :
1. Darah Ikan/mencit/ayam diisap dengan pipet thoma leukosit hingga angka 1.
2. Isap larutan Turk hingga angka 11.
3. Ambil pipa karet dari pipet kemudian pipet dipegang pada kedua ujungnya dengan ibu jari dan telunjuk dan kocok selama 2 menit.
4. Buang beberapa tetes (1-2 tetes), kemudian tetes berikutnya dipakai untuk perhitungan.
5. Siapkan hemositometer dan teteskan cairan dalam pipet sehingga cairan dapat masuk dengan sendirinya ke dalam bilik hitung.
6. Hitung semua leukosit yang terdapat di dalam bujur sangkar sedang. Jadi jumlah bujur sangkar yang dihitung 4 x 16 = 64 bujur sangkar dengan sisi masing-masing = ¼ mm
7. Dihitung dengan rumus
Jumlah Leukosit per mm3 = L/64 x 160 x 10 = 25 L
64 : Jumlah bujur sangkar yang terhitung
1/160 : Volume
10 : Pengenceran
L : Jumlah Leukosit yang terhitung

Menghitung Jumlah Eritrosit :
1. Darah Ikan/mencit/ayam diisap dengan pipet thoma eritrosit hingga angka 1.
2. Isap larutan Hayem hingga angka 101.
3. Ambil pipa karet dari pipet kemudian pipet dipegang pada kedua ujungnya dengan ibu jari dan telunjuk dan kocok selama 2 menit.
4. Buang beberapa tetes (1-2 tetes), kemudian tetes berikutnya dipakai untuk perhitungan.
5. Siapkan hemositometer dan teteskan cairan dalam pipet sehingga cairan dapat masuk dengan sendirinya ke dalam bilik hitung.
6. Hitung semua leukosit yang terdapat di dalam bujur sangkar kecil. Jadi jumlah bujur sangkar yang dihitung 5 x 16 = 80 bujur sangkar dengan sisi masing-masing = 1/20 mm
7. Dihitung dengan rumus
Jumlah eritrosit per mm3 = E/80 x 4000 x 100 = 5000 E
80 : Jumlah bujur sangkar yang terhitung
1/4000 : Volume
100 : Pengenceran
E : Jumlah Leukosit yang terhitung

Kotak hemositometer


Menghitung Kadar Hemoglobin :

1. isi tabung pengencer dengan HCl 0,1 N sampai angka 2
2. hisap darah dengan pipet sahli sampai angka 20 mm, jangan sampai ada gelembung udara yang ikut terhisap
3. biarkan selama 1 menit
4. tambahkan aquadest tetes demi tetes, aduk dengan batang kaca pengaduk
5. bandingkan larutan dalam tabung pengencer dengan warna larutan standar
6. bila sudah sama penambahan aquades dihentikan, baca kadar Hb pada skala yang ada di Hemometer


Minggu, 16 Oktober 2011

Remember The Likeable Friday

Last friday is fun. From morning till night my activity was full but it didn't make me bored or tired. It just fun. :D:D:D

Mentari pagi membelai lembut hariku . . . Tak terasa jum'at menyenangkan itu pun tlah berlalu . . .

Dimulai dari pagi yang udah direncanakan buat ngasistenin mata kuliah biorep (kali ini menilai presentasi hasil praktikum). Ummm, sebenarnya waktu ini cukup membuat bete karena suasana sangat terlihat geje. Mulai dari jam 09:30-13:00, cukup lama juga, berasa praktikan dan dosen ngomong sendiri-sendiri. And like waste of time. But, semua jd tau hasil praktikum semua kelompok.

Setelah presentasi praktis selesai, lanjut persiapan buat penelitian like nyuci baskom ->huhuhu :(. . and pelabelan et al. Persiapan selesai dilanjut buat makan siang bareng tim penelitian ex: Nuri, Lida 'n Angga di kantin yg akhirnya dibayarin ama dosen (tp cuma aku 'n Nuri, secara yg tadi habis ngasistenin critanya). asikkkk jd enak lah siang ini. Belum puas dg makan siang, kita lanjut mencari sesuatu yg seger. Uppzz, sebelumnya kami belum sholat dzuhur, oke lah lanjut sholat dulu di Mafaza (karena di kampus sedang krisis air bersih). Sholat sudah, makan sudah, time to kesegaran. UsulQ buat beli di Hejo Cendrawasih karena ketagihan sama milkshakenya. Capcus deh kesana 'n kita ber4 pesen yg sama Milkshake Oreo. Sambil nunggu milkshake jd ada buah seger tuh di kulkas, langsung dah tancap, siang2 makan buah,,ummm yummy abisss.

Udah beli yg seger2 lanjut pencarian makanan kecil yg ajippp... kita keingetan buat beli maicih, itu lho keripik yg pedes banget yg lumayan terkenal krn kepedasannya dr level 3 sampe level 10. Tapi ya aku yg dr orok ngga suka pedes lebih milih beli yg level 3,,hhehe. Tp ada cerita sebelum dapet maicih itu, kita mesti ngejar2 mobil maicih coz tuh mobil udah jalan duluan sblm kita samperin, kocak dahh. . .

Next, balik ke lab buat penelitian, di situ jg ada anak2 asisten Fishew yg lg ngasistenin (kali ini aQ lg free), udah tuh si maicihnya di taruh di meja asisten langsung aja diserbu sama mereka. Padahal awalnya bilang lah kok level 3 ya ngga ada apa2nya kayak kripik original, nyatanya abis juga pas aku selesai penelitian,huwaaa. .

Oya di lab juga dulu liat proses makan si Bepol (ularnya dewi) yg diberi mencit sisa praktikum, mantapp,, pandangan semua asisten tertuju ke si Bepol sementara praktikan yg lagi kuis dianggurin, praktis mereka lirik sana lirik sini buat contek2an. Kejadian itu berlangsung 15 menit ternyata cukup cepat juga ya makan si ular mulai dari nyaplok, nelen sampe ke perut.

Habis melihat adegan si ular makan mencit, aku lanjut penelitian lagi. Striping. . . striping . . . striping. . .

Penelitian selesai, udah deh ngobrol2 sama asisten Fishe, 'n merencanakan untuk jalan2 mlm ini. Rencana dadakan ini ternyata membuahkan hasil, akhirnya malamnya jadi buat jalan2 ke cherry 'n karokean, siipppp setelah sekian lama akhirnya terealisasi jg.. cuman kurang kiki, yudi, mas farda, 'n arya (tp akhirnya nyusul jg tuh artisnya..hehe)


dan pulangnya makan di angkringan pasar wage


Asikk banget dah jum'at malem or malem sabtu kemarin, sharian ngilangin stres lah karena aktivitas yg monoton, , ditambah lagi sehabis jalan2 sama asisten Fishew, pulang kosan terus ngocok arisan, ehhh siapa sangka kocokannya keluar namaku,, sipp dah menutup hari itu dengan senyuman lebar.hahaiiiii

Sabtu, 24 September 2011

Semangat, Kita Pasti Bisa

Lelah mendera melewati hari ini. Peluh tercurah sepanjang dentingan jam mulai pagi hari hingga berada di dinginnya malam ini. Bukan karena membuang-buang waktu dengan berjalan2, karena ini tak sekedar jalan-jalan, bukan hanya membuang rupiah maupun pikiran. Tapi di sini lah pelajaran yang akan kita petik nanti pada akhirnya.

Lelah ini karena kita bersiap menuju pagelaran akbar, Central Java Science Competition 2011. Kebersamaan mulai pagi hingga tengah malam ini sangat terasa. Semangat kebersamaan memang telah memberikan warna walau diselingi dengan bumbu2 kekesalan, benci dan emosi. Namun dengan semangat ini, kita jelang hari esok agar berjalan dengan lancar dan sesuai dg mimpi kita. Semangat kita pasti bisa. Semua sudah kita perjuangkan. Takkan pernah sia2 dan akan ada tangis kebahagiaan yang mendera kita semua. Amin.

Fight 4 tomorrow!!!!

Rabu, 21 September 2011

*C R E A T Y C K A*

Nulis blog udh sekitar 2 taunan lebih, dari yg masih unyu2 sampai yang onyo2, berpuluh2 entri udh diposting. Tapi apakah maksud dan tujuan, luaran, target/sasaran ku buat nulis blog (udh kayak bikin proposal kegiatan aja ya??), nge-posting entri yg kadang bukan tulisan sendiri, kayaknya belum pernah ku posting alasannya. Daripada ngga ada postingan baru. Yaudah deh kali ini mending nulis alasan kenapa aku nulis blog yang bertitle *C R E A T Y C K A* :

1. Ngga punya diary book
Yup ini adalah alasan utama kebanyakan orang seneng nulis blog. Karena hari gini gitu loh, masih mengandalkan cara kuno buat nulis diary di buku. Nulis di blog dirasa lebih simpel karena dirasa ngga seribet nulis di buku. Ngga perlu menghapus yg salah pake penghapus or "tipe-x" cukup tekan backspace or delete. Selesai, wrong words was erased. Hahaha ngga penting jg si ngomongin gituan, tp barangkali ada diantara kalian yg terlalu ortodok buat make techno yg kayak gituan. hahaha.

Next, Diary ngga asik kalo ngga nampilin foto. Kalo nulis di buku ngga bisa nyimpen gambar/foto2 narsisnya aku 'n sohib2 gila yg lain. Coz, ngga punya printer warna, ada printer warna malah ngambeknya minta ampun, cuma seiprit warna yg keluar. Mau dibenerin, males (duitnya males keluar). Mau beli baru males jg duitnya. Ya sudah mending tu printer teronggok di bawah ranjang (keluar jika dibutuhkan dan masuk jika dianggurkan). Nah itu, karena aku ngga punya printer warna, males nyetak foto di luaran (muahaall) so mending pake softcopy, di buku ngga ada aplikasi buat naruh foto pake softcopy, so, blog lah pilihan terbaik.

2. Suka artikel yang eye catching & mind catching
Yang ngga ngerti bahasa gituan, sini aku jelasin. Eye berasal dari bahasa internasional a.k.a bahasa inggris yang berarti mata. Sedangkan mind berarti pikiran/otak. catching juga berasal dari bahasa inggris yang berarti menarik (kenapa ngga pake interest aja?? -->suka-suka ya...). Ya gitu aku suka artikel yang menarik mata dan otak. So, aku tulis ulang (vulgarnya meng-copypaste) artikel2 itu. Daripada nyari2 lagi di search engine mbah google or mesti browsing lagi mending disimpen di blog sendiri. Nah itu makanya banyak postingan aku yang seakan2 meng-copaste tapi ya emang gt, orang aku suka, kalo kalian ngga suka ya close aja blog ini. Lho??

3. Hardisk full
Sebenarnya ini juga alasan yang aneh coz kalian semua yang mbaca mesti mikir kenapa kalo hardisk full file2nya ngga ditaruh di Flashdisk or CD aja ya. Hmmm, sekarang kalo smisal udah ngga ada Flashdisk or CD or DVD or MMC, dlsb lah, gmn coba?? Ngga ada bukan ngga punya (secara hari gini ngga punya barang gituan kyaknya ortodok jg c), ngga ada karena ilang may be, or diambil orang, or ktinggalan di suatu tempat yang ngga pernah terdeteksi ruang dan waktunya (hohoho). Kalo alasannya gitu gimana?? Blog lah solusinya.

Yup, berdasarkan pengalamanku yang tak terbayangkan, tak terandaikan, dan tak diharapkan, berbagai my lovely goods berpindah ke lain hati a.k.a dicuri (ex: flashdisk, handphone, 'n yg paling menyedihkan adalah my lovely laptop si Poty hilang ditelan kucing garong..hix hix). So, untunglah masih ada my lovely blog yang menyimpan berbagai file2 berharga spt laporan2, materi kuliah, 'n tugas2, walo ngga terlalu lengkap. So, buat kalian2 yang hardisknya full mending file2nya diupload ke blog aja (klo koneksi internet lg lancar). Kalian ngga mau kan bernasib sama spt diriku yang merana ini (huhuuhu).

-----------------------------------------------------------------------

Oya, soal title blog ini juga ada filosofinya lho (walaupun aku bukan orang yang filosofis,,hehehe) :
*C R E A T Y C K A*
title blog itu bakalan muncul di google kalau kalian secara sengaja ato ngga sengaja ngetik kata kunci yang berhubungan dengan materi kuliah, laporan praktikum, dlsb. Tp jangan harap laporan yg diposting bakalan bisa dicopy ya (haaha) secara udah aku protect dr pencurian copy paste, tapi tenang aja, laporan yang mesti didownload masih bisa dinikmati kok.

Sebenarnya title blog ini udah diganti berulang kali dan *C R E A T Y C K A* dirasa merupakan judul yang paling mentok di otakku buat blog ini. Dulu pernah diberi title TYCKA'S ZONE tapi udah banyak yang make zone2an, diganti CREATIVITYCKA agak aneh kelihatannya. dan akhirnya diganti *C R E A T Y C K A* yang filosofinya :
1. kata creatycka artinya yang menciptakan/membuat blog ini adalah tycka (diriku)
2. ada bintang diantara kata itu yang artinya impian atau harapan
3. ada spasi diantara huruf2nya artinya ada langkah-langkah
so, *C R E A T Y C K A* keseluruhan berarti isi blog ini diciptakan oleh tycka melalui berbagai langkah2 untuk mencapai impian atau hasil yang diharapkan.