Kamis, 10 September 2009

PKM-GT 2009


PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG AMBON KUNING (Musa paradisiaca var. sapientum) SEBAGAI CAMPURAN PAKAN UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS LARVA IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy Lac.)

Oleh :

NUR HIDAYATI (B1J007041)
SWASTIKA OKTAVIA (B1J007013)
INTAN PRATIWI (B1J008041)

Perikanan merupakan bagian penting dalam kehidupan bangsa Indonesia. Perikanan berperan dalam pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat serta meningkatkan pendapatan petani dan negara. Usaha peningkatan produksi ikan semakin digalakkan dalam rangka memenuhi kebutuhan protein. Tingkat konsumsi ikan diperkirakan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), menyatakan bahwa tingkat konsumsi ikan nasional tahun 2008 mencapai 26 kg/kapita/tahun. Salah satu sumber daya perikanan yang mempunyai prospek baik adalah ikan gurami (Osphronemus gouramy Lac.) Ikan gurami dijadikan komoditas unggulan perikanan di beberapa daerah karena memenuhi beberapa kriteria, yaitu kelayakan ekonomi dan tingkat kesesuaian agroekosistem yang tinggi, orientasi pasar jelas, mudah dibudidayakan masyarakat dan mendapat dukungan kebijakan dari pemerintah. 

Budidaya ikan gurami masih di jumpai kendala yang harus dihadapi para petani, salah satunya adalah penanggulangan stres pada ikan. Ikan dapat mengalami stres ketika kondisi lingkungan sekitarnya buruk, misalnya suhu lingkungan yang rendah. Stres akan menurunkan imunitas, sehingga mudah terserang penyakit, bahkan dapat menimbulkan kematian ikan. Kondisi stres akan menginduksi hipermetabolisme serotonin dalam otak ikan menyebabkan kadar serotonin menurun. Guna mengurangi stres pada ikan, termasuk gurami dapat diberikan serotonin eksternal.

Kulit pisang yang selama ini jarang dimanfaatkan dan hanya sebagai limbah, ternyata mengandung senyawa serotonin yang biasanya digunakan sebagai antidepresan dan dapat digunakan untuk meningkatkan imunitas ikan. Kandungan serotonin yang terdapat pada kulit pisang buah sebesar 31,8 μg/g. Dengan demikian, kulit pisang memiiki potensi sebagai sumber serotonin.

Beberapa permasalahan yang perlu dikaji lebih mendalam adalah:

1. bagaimana mekanisme serotonin dalam meningkatkan imunitas Ikan Gurami (O. gouramy Lac.)

2. bagaimana pemanfaatan kulit pisang ambon kuning dalam meningkatkan imunitas Ikan Gurami (O. gouramy Lac.)

Metode yang digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah ini adalah metode deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data sekunder, yang bersumber dari jurnal ilmiah, buku teks, artikel dan referensi pendukung yang lain.

Pemanfaatan kulit pisang untuk meningkatkan imunitas ikan dapat diberikan dalam bentuk pakan ikan, yaitu dengan mencampurkannya dengan pakan komersial. Pembuatan pakan merupakan alternatif metode yang tepat digunakan karena serotonin diambil dari kulit pisang dengan dibuat bubur sehingga menggurangi resiko tereduksinya serotonin dari kulit pisang karena proses pengambilannya. Beberapa peneliti telah berhasil membuat pakan ikan dengan mencampur bahan alami dengan pakan komersial.

Aktivitas serotonin untuk antidepresan dapat meningkatkan sistem imun pada ikan Gurami. Serotonin mengontrol regulasi level kortisol yang berperan penting dalam adaptasi ikan dan sebagai indikator saat ikan berada pada kondisi stres. Pengaturan sistem imun oleh serotonin mengakibatkan bertambahnya jumlah limfosit yang dihasilkan oleh tubuh sebagai respon imun. Respon antibodi saat depresi pada ikan air tawar diatur oleh sistem hormonal. Limfosit ikan mengekspresikan reseptor glukokortikoid yang menekan sistem imun selama kondisi stres; dengan demikian serotonin disini berfungsi menghasilkan limfosit baik itu dalm bentuk sel T atau sel B, kedua sel tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem imun. Ikan mempunyai pengatur kimiawi (sitokin) yang disekresikan oleh sel imun khususnya makrofag. Interleukin (IL)-1 dan IL-2 yang merupakan suatu sitokin berperan dalam merangsang sel T untuk tumbuh dan membelah meningkatkan suhu tubuh.

Berdasarkan hasil telaah pustaka, analisis dan sintesis, dapat disimpulkan bahwa pakan ikan yang terbuat dari campuran serotonin dengan pakan komersial dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan sistem imun pada ikan gurami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar