Kamis, 22 April 2010

Virus Tanaman Yang Menyerang Manusia

Rabies, HIV, hingga flu burung adalah penyakit fenomenal yang ditularkan dari hewan ke manusia. Tapi kini peneliti telah menemukan virus yang melompat dari tanaman ke manusia.

Didier Raoult dari Universitas Mediterania di Marseilles Prancis, menemukan bahwa virus belang yang ditemukan pada paprika dapat menyebabkan demam, sakit dan gatal-gatal pada manusia.

Jika disahkan, penemuan ini akan menandai untuk pertama kalinya virus tanaman telah ditemukan menimbulkan masalah pada manusia.

Virus tanaman sering ditemukan ada di kotoran manusia bersama dengan tanaman terinfeksi yang ikut dicerna. Raoult mewawancarai 304 orang tentang seberapa sering mereka menderita demam, sakit perut, dan iritasi kulit.

Dari 304 pasien, 21 orang dengan virus lada belang dalam kotoran mereka lebih sering sakit dibandingkan orang lain.

Namun tidak semua orang yakin. Robert Garry pakar virus di Tulane University New Orleans Louisiana mengklaim virus tidak memiliki tombol biokimia yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam sel, dan dengan demikian tidak mungkin menginfeksi jaringan manusia.

Selain itu, Raoult hanya bertanya dengan sangat umum dan Garry percaya bahwa hasilnya mungkin berada dalam variasi acak.

Raoult jelas mempertahankan penemuannya dan mengklaim bahwa apa yang diamati mungkin bukan infeksi sel manusia oleh virus secara langsung. Tapi RNA virus mengganggu fungsi RNA manusia.

Sumber : http://www.inilah.com/news/read/2010/04/16/465301/gawat-ada-virus-tanaman-serang-manusia/

1 komentar:

  1. Bagus,bauat terus artikel-artikel bagus,salam
    baca juga artikel informasi di ;
    http://4lifetransferfactorjakarta.com/

    BalasHapus