Rabu, 08 September 2010

Duwet (Syzgium cumini)

Teringat waktu KKN kemarin saat mengadakan sosialisasi TOGA (Tanaman Obat Keluarga) ternyata ada salah satu warga yang sudah mengetahui khasiat berbagai tanaman. Salah satunya adalah tanaman Duwet. Awalnya saya sangat penasaran dengan tanaman yang kata warga tersebut dapat mengobati kencing manis dan memang tanaman ini katanya belum terlalu dikenal manfaatnya oleh kebanyakan masyarakat. Otomatis rasa ingin tahu saya bertambah, kemudian saya search di internet tentang manfaat tanaman ini dan benar ternyata sudah banyak referensi mengenai manfaat tanaman duwet yang dapat digunakan untuk mengobati diabetes bahkan mencegah kolesterol.



Buah sebesar buah anggur dengan warna keunguan ini ternyata memiliki segudang khasiat. Konon selain mencegah kelebihan kolesterol, duwet juga ampuh sebagai obat diabetes.

Duwet (Syzgium cumini) atau sering disebut juga buah jamblang mempunyai banyak varietas, dari yang kecil hingga ukuran lumayan besar. Warnanya pun beragam, ada yang keputihan, ada yang kehitaman hingga ungu. Menurut penelitian biji buah ini mengandung glukosida phytomelin. Zat ini dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya.

Kelebihan kolesterol di dalam darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah (biji dan daging buah) duwet. Kandungan alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki sifat mencegah kelebihan kolesterol atau anticholesteremik. Sementara di dalam buah duwet juga banyak mengandung astringent, suatu zat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan luka diabetes katena sifat astringent yang dapat menciutkan kulit. Tak cukup sampai di sini, serat, vitamin dan beragam mineral juga terdapat di dalam duwet. Namun sayang, orang enggan mengkonsumsi buah ini yang rasanya sepat dan kurang manis.

Sumber :

BUAH DUWET - AMPUH KENDALIKAN LUKA DIABETES




Tidak ada komentar:

Posting Komentar